Wednesday, September 29, 2010

September ceria - Lilin ilmu


Ini bulan Syawal, Lebaran dan liburan sudah usai. What's next?

Awalnya mau belajar menunaikan kewajiban lain; berkurban. Tapi sepertinya belum bisa dilaksanakan tahun ini, sayang sekali. Karena menabung untuk sekolah tahun depan harus dikejar, meski hingga kini belum bisa menentukan universitas, ralat, meski unversitas tujuan serasa sulit diwujudkan. But great things don’t come easily, rite?

Dua temanku sudah mulai sekolah (kembali) tahun ini. Oooohhh, iri! Ada Sakti yang dari status FBnya terlihat enjoy bersekolah di UI, juga ada Yenq yang sudah mulai program beasiswanya di Swiss sana, Lausanne tepatnya. Oh, sampai ke dadaku euphoria mereka!

Sakti, sambil kuliah mau belajar bahasa Prancis lagi, mesti ikut tes DALF-C1 katanya. Salah satu syarat kelulusan di universitas tuturnya semangat. Kuputuskan untuk belajar bersama. Aku juga mau ikut serta! Awal tahun depan akan kucoba lagi tes bahasa Prancis yang susah itu. Sebagai salah satu peluru kalau mau mencoba melamar bekerja di CCF. Begitu info yang kudapat.

Yenq, berhubungan kami setiap hari melalui skype; oh what a technology! Diceritakannya tentang kelas pertamanya; Francophonie. Oh, baru sadar kalau aku tak tahu sejarah terbentuknya Francophonie. PR. Dia juga berbagi tentang rencana penelitiannya; tema tesis. Kami berdiskusi, nice refreshment for me! Mungkin ini termasuk yang Aa Gym sebut indahnya berbagi? Just maybe. Jadilah semalam aku pelototi lagi rak bukuku, kupilih kemudian satu buku; Romain Fran├žais Contemporain. Buku hitam yang dipinjamkan Yenq selama dia disana. Semoga buku ini akan membawaku ke roman-roman contemporains.

Oskar, seperti dua lainnya, ini juga temanku di UNJ section de fran├žais. Tiba-tiba menghubungiku sebulan yang lalu, for a refreshment cours. Ow! That’s what I exactly need, Oscarlita! Such a brilliant idea! Mari kita belajar bersama, kita berdua dan Sakti juga. This afternoon will be our first class; even we won’t be”entre les murs.” Mari kita diskusikan bersama apa yang akan kita pelajari tiap minggunya, d’accord?

Anastasia, sama seperti ketiganya. Yang satu ini sedang haus ilmu agama hingga mengajakku menjadi RISKA; Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa. Hari Minggu ini, 2 Oktober akan menjadi minggu pertama dari enam belas minggu kami menuntut ilmu di sana, Islamic Study Club. Bukan itu saja, selain membedah Islam, kami juga akan belajar mengaji, tahsin. Bismillah, Anastasia. Semoga kita bisa belajar sebaik-baiknya.

Dewikupugalau; kelompok menulis bersama yang hampir terlupa keberadaannya. Digawangi olehku, Anast dan Syarif, ehem, pacarku. Tema Lebaran berhasil membangkitkan kembali semangat menulis kami. Dan di minggu ketiga setelah bangkitnya blog kami, ”Jika Jakarta bukan lagi ibukota” menjadi tema selanjutnya, Anast pengusungnya. Kau tahu, menulis, membaca dan berdiskusi kutemukan sebagai beberapa upaya untuk menjaga kewarasan di chaosnya dunia belakangan.

September benar membuka pintu keceriaan, bukan? Mari belajar dan terus belajar, jangan sampai ketinggalan! Master, C-1, refreshment class, Islamic study club, dewikupugalau, I’m coming! Semangaaaattt!!! ^^V

Ya Allah ya Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada Mu ilmu yang bermanfaat, amalan yang diterima dan rezeki yang bagus (baik). Ya Allah ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung dengan Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, doa yang tidak di dengar (makhbul) dan amalan yang tidak di naikkan (diterima).


Photo

2 comments: