Wednesday, April 25, 2012

Pernikahan dan Pelangkah(nya)

Pelangkah, sudah tak asing lagi di telinga. Saya tak ingat pasti kapan saya mulai mengenalnya, jika tak salah, 2006 ketika salah seorang sahabat menikah lebih dulu dari kakak perempuannya. Dia bercerita kalau salah satu rangkaian dari prosesi (persiapan) pernikahan adalah menyerahkan pelangkah yang kala itu adalah perhiasan emas.

Kali kedua juga dari sahabat saya yang 'dilangkahi' oleh adik perempuannya. Lagi-lagi perhiasan emas menjadi 'pil penenang' untuk si kakak agar tidak sedih karena tidak lebih dulu laku dari sang adik. Mengapa saya bilang laku? Agak kasar memang. Karena para orang tua bersikap bak pedagang di Tanah Abang yang menggantung daster dagangannya di depan toko. Tentu saja daster-daster pilihan yang dipamerkan. Daster yang lebih dulu digantung diharapkan lebih dulu dibeli tentunya, karena daster, jika terlalu lama digantung warnanya bisa pudar terkena sinar matahari, bisa berdebu hingga tak menarik lagi. 

Lebih cepat anak perempuannya menikah, lebih membanggakan. Begitu kurang lebihnya. 

Sang adik, yang merasa warnanya masih cerah dan bersih, seolah merasa tak enak pada sang kakak, sorry nih Kak, aku dipajang belakangan tapi laku duluan. Mungkin agar seolah terlihat sopan, sayang kakak, atau rendah hati, sang adik memberikan upeti pada kakak. Pelangkah. Kakak mau apa? Bilang saja. Kuberikan asal kakak senang. 

Saya sudah coba bertanya-tanya mengenai ritual pemberian pelangkah ini, konon katanya orang Jawa punya budaya. Kedua orang sahabat yang saya ceritakan tadi kebetulan memang orang Jawa. Kemudian saya temui lagi dua orang kakak yang kebetulan orang Sunda. Kali ini para kakak yang meminta pelangkah dari adik-adik mereka. Dik, kamu kan melangkahi saya. Sebagai gantinya saya minta ini itu donk. Biar semua senang, semua tenang. Kedua adik yang saya kenal dekat pusing, karena para kakak yang sudah bersama-sama begitu lamanya tiba-tiba berubah menjadi preman pemalak bak di pasar Senen saja. Mengapa lagi-lagi saya menggunakan istilah yang cukup kasar di telinga? Karena mana ada pemalak yang cukup puas mendapati hanya handphone atau jam tangan saja? 

Adik saya menikah lebih dulu, bukan melangkahi. Karena buat saya, kami berdua bukan daster. Adik saya berbahagia, saya apalagi. Tapi mama ternyata mantan pedagang di Tanah Abang juga, khawatir dia. Seyakin fogging akan memberantas seluruh nyamuk demam berdarah,seyakin itu juga bahwa pelangkah pasti akan mendatangkan pembeli daster tertuanya. Teteh mau apa? Bilang aja. 

Mama, aku nggak mau pelangkah. Karena menikah bukan sekolah, habis SD, SMP, lalu SMA. Habis kakak barulah si adik menikah. Jodoh itu tak ada rumusnya. Kalau nanti akhirnya aku tidak menikah, bukan karena pelangkah. Tapi karena ternyata rezekiku adalah tidak menikah. 

Kepada para kakak di dunia, tahukah bahwa dengan meminta pelangkah kalian menunjukkan diri sebagai kakak-kakak yang payah? Tahukah bahwa kalian sungguh terlihat menyedihkan karena melampiaskan ketidaklakuan dengan menyusahkan adik-adik kita? Tahukah bahwa jodoh sungguh Tuhan punya kuasa? Tahukah bahwa bukan tidak mungkin pintu jodoh jadi tertutup karena sebuah pelangkah yang memberatkan para adik atau orang tua kita?


3 comments:

  1. Suka sekali saya dng paragraf terakhirnya! Mantap.. bener.. bener banget itu hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      Delete