Thursday, April 15, 2010

Cerita dari Singapura - dua

Tiket, ket ket. Lagi in Air Asia, murce-murce gosipnya. Betul, jika dibandingkan dengan maskapai lain. Rapat menghasilkan tanggal 29 Desember 2009 sampai 3 Januari 2010, apalagi peak season gini, terasa banget selisihnya. Bermoto The World’s Best Low-Cost Airline, Air Asia membuktikannya. Tapi eh tapi, kompensasinya, mereka tidak menjual melalui agen perjalanan. Harus beli langsung, online. Jadilah kami ririungan di depan laptop mengikuti petunjuk di website mereka. Tiba di tahap terakhir, pembayaran. Masukan nomor credit card Anda. Waduh! Siapa yang punya credit card? Sorry ya, kami berlima penganut aliran anti credit card. Jangan salahkan kenorakan kami, salahkan para pengguna credit card yang tidak bijaksana hingga merubah persepsi kami akan fungsi utama kartu hutang itu. Siapa yang mau berkutat dengan debt collector, coba? Hiiiyyy….

Untung saja Dian, yang memiliki penasehat keuangan, kakaknya yang bekerja di sebuah bank sudah punya satu kartu kredit, walau belum aktif. Karena kasihan sama mbak marketingnya, kata Dian. Jadilah hari itu, hari pertama dia menggunakan kartu mengerikannya. ”Sudah aktif,” katanya setelah menghubungi mbak customer service. Saat kami pikir masalah pembayaran selesai, tenot! Ada masalah baru. Limit kartu tidak mencukupi untuk lima tiket. Howalaaa... ”Pakai kartu siapa lagi, donk?” Itu pertanyaan kami semua. ”Harus kartu orang yang percaya sama kita, jangan sampe orang itu terpaksa,” kata siapa itu ya? Anast, yang ”beruntungnya” memegang kartu abangnya, mengusulkan, ”Pake kartu Abang gw aja, tapi jangan lupa langsung diganti, ntar gw yang kena, lagi!” Beratnya tanggung jawab seorang adik, ya? Hahaha.. Maka, berbekal dua kartu tadi, terbelilah lima tiket Jakarta-Singapura-Jakarta. Alhamdulillah..

Apa lagi ya? Tanya kami semua. Oh, hotel, rute wisata dan NPWP! Iyalah, siapa yang rela bayar dua juta untuk fiskal, coba? Mending urus NPWP, kan? Gratis. Dewi yang belum punya NPWP dengan gesitnya mengurus sendiri. Yang lain? Sudah punya sebelumnya dan untuk kali pertama merasa bahwa kartu ini berguna. Hahaha.. Kalau hotel? ”Gals, kata mbak Trinity –penulis The Naked Traveler- nginepnya di hostel aja, hos, hos, pake S. Murah,” itu aku, penggemar tulisan Mbak Trinity. Maka, Dian, Yeyen dan Dewi sibuk mencari informasi mengenai hotel dan hostel. Aku dan Anast? Ikut saja. Kami penurut kok. ;p

Meski Dewi sudah pernah bertandang ke Singapura, tapi yang dia tahu hanya wisata mall saja. Fyyuuuhh... Yang aku tahu? Merlion saja. Haha! Waktu SD sih guruku sering bilang kalau buang sampah sembarangan di sana bisa di penjara. Alah! Gak takut! Kalo bisa diterapkan juga di Jakarta. Biar tahu rasa orang-orang di sini, yang gayanya udah kayak bos, nyuruh orang lain nyapuin atau mungutin sampah mereka. Setelah perundingan dan perdebatan yang panjang, maka diputuskan Dewi dan Yeyen lah yang akan mencari tahu tempat-tempat yang akan kami kunjungi, untuk kemudian kami diskusikan dan putuskan bersama. Musyawarah untuk mencapai mufakat. Wahai bapak dan ibu guru PPKn, pasti kalian bangga melihat kami ini.

Ternyata alam semesta mendukung perjalanan kami ini! Dinda dan keluarga di Singapura mengusulkan kami untuk tinggal di rumah mereka. Alhamdulillah wa Syukurillah... Tak perlu buang-buang uang. Hehehe.. Dinda, yang pengantin baru merelakan kamarnya kami tempati selama enam hari. Sedangkan dia dan Sufi, suaminya, tidur di kamar adik mereka. Hmm.. menarik sekali, tinggal di rumah penduduk asli.
Kita review: Paspor-check! Tiket-check! NPWP-check! Hotel-check! Selanjutnya, tukar uang dan rute perjalanan! Semangat! ^^V
-bersambung-

No comments:

Post a Comment